Rabu, 18 Oktober 2017

Species Hiu yang Mendiami Fiji

Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Di kepulauan ini, ribuan hiu tinggal. Namun, sayang karena marak penangkapan hiu ilegal, populasi ikan buas ini berkurang. Seperti dilansir TripAdvisor, saat ini, hanya tersisa beberapa ratus ekor hiu yang mendiami laut di Pulau Fiji. Beberepa jenis hiu yang mendiami Pulau Fiji yaitu:

1. Tawny Nurse Shark
Hiu tawny nurse bersifat jinak dan suka bermain dengan penyelam. Saat beristirahat, mereka sangat lamban. Memiliki ukuran tubuh maksimum 3,14 – 3,20 m.


2. Bull shark ( Hiu Banteng)
Hiu banteng adalah paling berbahaya ketiga. Mereka sangat agresif. Nama hiu ini berasal dari perilaku meraka yang tidak terduga. Mereka bisa hidup di air laut dan air tawar. Memiliki panjang tubuh 3.5 m dan berat 130kg.


 3. Silvertip Shark ( Hiu Sonteng )
Hiu sonteng adalah predator agresif dan kuat. Memiliki panjang tubuh 3 m dan berat mencapai 162 kg


 4. Blacktip Reef Shark (Hiu Karang Sirip Hitam)
Hiu karang sirip hitam (Carcharhinus Melanopterus) adalah spesies hiu dalam keluarga Carcharhinidae, mudah diidentifikasi karena warna hitam menonjol pada setiap bagian siripnya.


5. Whitetip Reef Shark
Hiu karang sirip putih biasanya berukuran sedang dengan panjang rata-rata sekitar 1,6 m. Pada setiap bagian ujung sirip terdapat warna putih yang menjadi ciri paling khas dari hiu jenis ini.


6. Grey Reef Shark (Hiu Lonjor)
Orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan hiu lonjor, Merak bulu (Lombok), hiu lanjaman, atau cucut lanjaman (Jawa). IUCN telah memasukkannya dalam daftar kuning yang berarti hampir terancam punah. Memiliki ukuran tubuh maksimum 2,3 – 2,5 m.


 7. Sicklefin Lemon Shark
Hiu ini  bersifat pemalu terhadap penyelam dan enggan mendekati mereka. Namun, apabila terancam hiu ini sangat agresif. Karena ukurannya yang besar, tubuh besar, rahang kuat, dan kecenderungan yang keras mempertahankan diri, hiu sicklefin lemon harus diperlakukan dengan hormat sebagai spesies berbahaya.


 8. Tiger Shark
Hiu harimau lebih aktif di malam hari (nokturnal). Ketika menyerang atau melarikan diri, hiu harimau menjadi sangat aktif, dan mampu berenang dengan kecepatan tinggi. Hiu harimau adalah salah satu hiu paling berbahaya, dengan lebih dikonfirmasi serangan pada penyelam dan perenang (termasuk beberapa serangan) dan serangan terhadap kapal-kapal.
 Source: http://fijisharkdive.com/  

0 komentar:

Posting Komentar